Seminar Kewirausahaan: “Entrepreneurship Acceleration”

Seminar Teknologi: Handle of Rapid Flow Technology
September 6, 2023
Online Dating in the Modern Era
September 28, 2023

Membuka Peluang Menjadi Entrepreneur untuk Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung

(Rabu, 06/09/2023) – Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung mengadakan acara seminar pada hari Rabu 06 September 2023, dimana acara ini merupakan Salah satu seminar yang menarik perhatian mahasiswa baru adalah seminar kewirausahaan dengan mengusung tema “Entrepreneurship Acceleration”. Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang dunia kewirausahaan dan cara mempercepat kesuksesan sebagai seorang entrepreneur di usia muda.

Seminar Kewirausahaan ini dimoderatori oleh Sekertaris Program Studi Informatika STT Cipasung yakni, Ibu Sahara Syarifatul Choeriyah, S.Kom.M.M dan di isi oleh dua narasumber, yakni:

Pertama, Nur Islami Javad (Chief Digital Startup, Ecommerce & Fintech DEF at PT. Sharing Vision Indonesia)

Nur Islami Javad atau akrab dikenal dengan sapaan (Bang Jeff), beliau merupakan lulusan Master Of Business Administration (M.B.A) kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) dan merupakan sosok yang berpengalaman dalam dunia kewirausahaan digital dan fintech. Dalam perannya sebagai Chief Digital Startup di PT. Sharing Vision Indonesia, beliau telah memberikan kontribusi yang berarti dalam memajukan startup-startup di Indonesia. Di seminar ini, Nur Islami Javad akan berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam memulai dan mengembangkan bisnis startup di era digital yang serba cepat. Peserta seminar akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana teknologi dan inovasi dapat membantu mempercepat pertumbuhan bisnis.

Kedua, Sahla Sabilla (x-Director of Partnerships at Akhira)

Sahla Sabilla beliau merupakan lulusan Master Of Business Administration (M.B.A) dan merupakan Director of Partnerships di Akhira, sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan bisnis dan kemitraan. Dalam perannya, beliau telah bekerja dengan berbagai perusahaan dan individu dalam membangun kolaborasi yang sukses. Dalam seminar ini, Sahla Sabilla akan berbicara tentang pentingnya jaringan dan kemitraan dalam dunia kewirausahaan. Beliau akan berbagi strategi dan pandangan tentang bagaimana membangun hubungan yang kuat dalam dunia bisnis dan cara mempercepat kesuksesan melalui kerjasama yang baik.

Dalam seminar kali ini, Bang Jeff berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada para mahasiswa baru dalam memulai pengembangan bisnis startup di era digital yang serba cepat, beliau menyampaikan beberapa tips kepada para mahasiswa baru yang ingin memulai karir di bidang wirausaha diantaranya agar menerapkan prinsip bahwa dalam bisnis harus memaksimalkan pengembalian modal secepat mungkin meskipun bisnisnya kecil dan yang paling terpenting dalam bisnis itu selalu dilakukan meskipun kecil.

Lalu pemateri yang kedua Ibu Sahla Sabilla merupakan seorang Santripreneur perempuan, dalam perannya Ibu Sahla Sabilla telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan individu dalam membangun kolaborasi yang sukses.  Dalam seminar kewirausahaan ini, beliau membagikan pengalamannya kepada para peserta KTMB STT Cipasung tentang pentingnya jaringan dan kemitraan dalam dunia kewirausahaan. Beliau juga memaparkan strategi dan pandangan tentang membangun hubungan yang kuat dalam dunia bisnis dan cara mempercepat kesuksesan melalui kerjasama yang baik, dalam hal ini Ia juga membagikan tips menarik bagi mahasiswa yang ingin melakukan bisnis di sela-sela waktu kuliah, diantaranya : Membuat Schedule/ jadwal kegiatan di Microsoft exel atau Google sheet, dengan membagi dua waktu antara kuliah dan waktu berwirausaha; segera mengerjakan tugas kuliah sesegera mungkin, dan memanfaatkan waktu luang untuk berwirausaha; yang terakhir beliau menyampaikan agar pelaku wirausaha jangan menyia-nyiakan peluang sekecil apapun.

Dalam kegiatan seminar “Entrepreneurship Acceleration” ini sangat penting bagi para mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung, karena dalam pandangan dunia saat ini kewirausahaan telah menjadi pilar dan sorotan utama dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan menghadiri seminar ini, mahasiswa baru STTC akan memiliki kesempatan besar untuk belajar dari para pemateri yang memiliki pengalaman praktis dalam memulai dan mengelola bisnis kecil hingga bisnis besar seperti yang narasumber jalankan. Para mahasiswa juga mendapatkan wawasan tentang perkembangan terbaru di dunia kewirausahaan, terutama dalam era digital yang terus berkembang pesat dan berubah sangat cepat .

Penulis : Hendar

Editor : Shupynur B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *