RANGKAIAN KEGIATAN KULIAH TA’ARUF MAHASISWA BARU (KTMB) SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI CIPASUNG 2023

Seminar Kewirausahaan: “Entrepreneurship Acceleration”
September 6, 2023
Seminar Kewirausahaan: “Entrepreneurship Acceleration”
September 6, 2023

(09/09/2023) Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung mengadakan Kuliah Ta’aruf Mahasiswa Baru atau KTMB merupakan sebuah kegiatan orientasi kampus yang dirangkai khusus untuk menyambut mahasiswa baru yang telah diterima di Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung sebanyak 179 orang yang dilaksanakan pada tanggal 04-08 September 2023 yang mengusung tema besar “To Infinity and Beyond” atau dalam bahasa indonesia berarti “Menuju Tak Terbatas dan Melampauinya” yang bermakna bahwa mahasiswa baru dapat memiliki tekad kuat dalam menggapai mimpinya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus, menyediakan informasi penting tentang akademik dan non-akademik, serta membantu mahasiswa baru  beradaptasi dengan lingkungan baru. Kegiatan ini juga melibatkan sesi pengenalan kegiatan kampus, fasilitas yang tersedia, sistem akademik, dan kebijakan-kebijakan yang berlaku. Selain itu dalam kegiatan KTMB ini para mahasiswa baru diberikan materi-materi yang sangat bermanfaat berupa seminar.

Pada hari pertama Senin, 04 September 2023 diawali dengan pembukaan KTMB 2023 oleh Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung dengan dihadiri oleh seluruh civitas akademika. Di itu juga diadakan kegiatan seperti Talk Show KTMB 2023 dengan pemateri Dra. Hj. Neng Ida Nurhalida, M.Pd selaku Ketua Senat STT Cipasung dengan tema “Higher Education For All” yang artinya pendidikan merupakan hak untuk semua orang. Setelah Talk Show dilanjutkan dengan Pengenalan sejarah kampus oleh Drs. KH. Abdul Chobir, M.T selaku pembina STT Cipasung. Dilanjutkan dengan pengenalan bidang akademik dan kemahasiswaan oleh Mamik M Fuadi, M.T selaku kemahasiswaan STT Cipasung. Acara KTMB di hari ini diakhiri dengan Seminar yang bertema “Sosialisasi Peran Perguruan Tinggi dalam Pencegahan Korupsi, Kekerasan Seksual dan Buli” oleh Ita Hidayatusa’adah, M.Pd selaku dosen mata kuliah PKN di STT Cipasung.

Kemudian pada Selasa, 05 September 2023 merupakan hari dimana mahasiswa baru diberikan sebuah materi yang berhubungan dengan program studinya masing-masing, STT Cipasung memiliki dua program studi yaitu Teknik Industri dan Informatika. Pengenalan ini disampaikan oleh Mamik M Fuadi, M.T sebagai ketua program studi Teknik Industri, dan Syahara Syarifatul Choeriyah, S.Kom, M.M sebagai sekretaris program studi Informatika. Setelah acara pengenalan program studi, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri), HMIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika), dan tour ke-9 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di STT Cipasung.

Selanjutnya pada Rabu, 06 September 2023 mahasiswa baru menghadiri kegiatan seminar yang diisi oleh pemateri yang sangat luar biasa. Seminar yang pertama merupakan seminar teknologi dengan mengusung tema “Handle Of Rapid Flow Technology” dengan pemateri Arief Suseno yang merupakan Education Lead at Microsoft Indonesian. Kemudian ada seminar kewirausahaan dengan dua pemateri yaitu Sahla Sabila yang merupakan seorang Santripreneur, Founder/CEO Jago UMKM, Funtrip ID dan Akhira. Lalu yang kedua ada Nur Islami Javad, ia merupakan Chief  Digital Startup, Ecommerce, Fintech (DEF) PT. Sharing Vision Indonesia dan Vice President Startup Bandung.

Pada Kamis, 07 September 2023 yang merupakan hari keempat para mahasiswa baru melakukan kegiatan KTMB STT Cipasung 2023. Pada hari ini para mahasiswa baru melakukan ziarah ke makam KH. Ilyas Ruhiyat di Pondok Pesantren Cipasung. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan fun game yang tentunya diikuti oleh seluruh mahasiswa baru STT Cipasung. Di hari tersebut juga dilakukan pemilihan ketua angkatan mahasiswa 2023 untuk program studi Informatika dan program studi Teknik Industri. Kegiatan KTMB pada hari ini berlangsung sampai larut malam dan dilanjutkan dengan kegiatan malam seperti api unggun dan unjuk bakat para mahasiswa baru.

Terakhir pada hari Jum’at, 08 September 2023 merupakan hari dimana para mahasiswa baru melakukan kegiatan KTMB di STT Cipasung yang ditutup dengan senam pagi dan kegiatan pengajian rutin yang memang sudah menjadi budaya setiap hari jumat di kampus STTC, dilanjut oleh beberapa prakata penutup dari ketua STT Cipasung yaitu Ahmad Zamaksyari Sidiq, M.T, dan diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para mahasiswa atau kelompok terbaik selama kegiatan KTMB 2023 dilaksanakan.

Setelah semua rangkaian acara KTMB 2023 selesai, para mahasiswa pulang ke tempatnya masing-masing dengan membawa berbagai ilmu pengetahuan dari para pemateri seminar dan pengalaman yang sangat berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *