Seminar Teknologi: Handle of Rapid Flow Technology

Kegiatan Pembinaan dan Penyerahan SK Penetapan Penerima Beasiswa S1 BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023
September 6, 2023
Seminar Kewirausahaan: “Entrepreneurship Acceleration”
September 6, 2023
Kegiatan Pembinaan dan Penyerahan SK Penetapan Penerima Beasiswa S1 BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023
September 6, 2023
Seminar Kewirausahaan: “Entrepreneurship Acceleration”
September 6, 2023

Membuka Wawasan Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung

(6/09/2023) -Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung (STTC) sedang melaksanakan kegiatan kuliah ta’aruf mahasiswa baru (KTMB) untuk mahasiswa baru pada tanggal 4-8 September 2023. Dalam rangkaian acara KTMB, ada salah satu kegiatan yang menarik, yaitu seminar teknologi dengan tema, “Handle of Rapid Flow Technology.” Seminar ini akan membuka wawasan mahasiswa baru tentang perkembangan terbaru dalam teknologi dan bagaimana teknologi memengaruhi berbagai aspek kehidupan kita, termasuk pendidikan.

Seminar ini akan menjadi sarana penting bagi mahasiswa baru STT Cipasung untuk mengenal lebih dalam potensi teknologi dan dampaknya di masa depan. Dalam acara ini, di moderatori oleh Haerul Pebriyansah (mahasiswa Informatika) dengan pemateri yang sudah tidak diragukan lagi pemahaman dan pengalamannya dalam dunia Teknologi, yakni Arief Suseno  (Education Lead at Microsoft Indonesia dan x-VP Lintasarta, Samsung Indonesia ) beliau akan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi perubahan teknologi, terutama dalam konteks pendidikan.

Arief Suseno adalah seorang pakar dalam bidang pendidikan dan teknologi. Dengan pengalaman yang luas sebagai Education Lead di Microsoft Indonesia, Arief telah berkontribusi secara signifikan dalam mendorong transformasi digital di dunia pendidikan. Dia telah bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi, untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Dalam seminar ini, beliau akan membahas bagaimana teknologi, terutama solusi Microsoft, telah membantu mengubah cara kita belajar dan mengajar. Dia juga akan berbicara tentang inovasi terbaru di dunia edukasi yang didorong oleh teknologi.

Selain menjadi Education Lead di Microsoft Indonesia, Arief Suseno juga memiliki pengalaman sebagai mantan Vice President di Lintasarta, sebuah perusahaan teknologi informasi dan komunikasi yang menyediakan layanan jaringan dan infrastruktur IT. Dalam perannya di Lintasarta, Arief terlibat dalam menghadapi berbagai tantangan teknologi, termasuk mengelola data besar dan memastikan konektivitas yang andal. Pada seminar ini, beliau akan berbagi pengalaman berharga dari dunia korporasi dan bagaimana teknologi telah mengubah cara bisnis beroperasi. Dia juga akan membahas peran teknologi dalam menghadapi tantangan terkini, seperti peningkatan keamanan siber dan pentingnya transformasi digital dalam era digital saat ini.

Beliau menyampaikan bahwa, pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Dan kita tahu betul jika bonus demografi ini tidak dimanfaatkan dengan baik akan membawa dampak buruk terutama masalah sosial seperti kemiskinan, kesehatan yang rendah, pengangguran, dan tingkat kriminalitas yang tinggi. Melihat dari fakta yang akan dihadapi Indonesia tersebut bonus demografi memang tidak bisa dihindari. 

Dan menerangkan enam prinsip utama Microsoft untuk AI yang bertanggung jawab atas akuntabilitas, inklusivitas, keandalan dan keamanan, keadilan, transparansi, serta privasi dan keamanan. Artificial intellegence (AI) pada saat ini  marak digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia yaitu seperti chat GPT (Generative Pre-training Transformer). Tidak hanya itu, terdapat beberapa AI yaitu Machine Learning ini bagaimana kita memasukan banyak data atau input data yang bisa menghasilkan akurasi yang relatif tidak besar yang menyebabkan bias. Kemudian, munculah teknologi baru yaitu Deep Learning. Deep learning merupakan bagaimana kita menganalisa data yang sangat banyak dan mesin ini juga memproses banyak data untuk mendapatkan insight. Ada beberapa seperti Azure Open AI Service, GPT Codex, Dall- E, Whisper dan Clip.

Munculnya AI dapat membantu mengidentifikasi deepfake. Beliau juga menyebutkan bahwa dalam data tersebut harus diatur dengan jelas tentang penggunaan dan pelabelan deepfake agar semua orang mengetahui ketika sesuatu yang mereka lihat atau dengar tidak asli.

Teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita, termasuk pendidikan dan bisnis. Dan harapannya generasi milenial ataupun zilenial saat ini dapat memahami lebih dalam tentang bagaimana teknologi memengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, serta peluang dan tantangan yang mungkin mereka hadapi dimasa depan, khususnya bagi mahasiswa STT Cipasung, setelah mengikuti seminar ini dapat mempunyai insight baru dan menjadi lebih termotivasi dalam mengembangkan dirinya.

Penulis : Nissa Aljannah

Editor : Shupynur B

1 Comment

  1. teknologi era digital says:

    info tentang seminar teknologi sangat bermanfaat. Berbagai teknologi terus digunakan seiring dengan perkembangan zaman. Augmented Reality Indonesia merupakan teknologi yang mengintegrasikan dunia nyata dengan unsur digital seperti gambar dan suara melalui penggunaan perangkat khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *