STT Cipasung Jalin Kerjasama dengan ITERA
December 25, 2021

Selasa (22/2/2022) – Studi Independen Bersertifikat (SIB) merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dalam bentuk pembelajaran di kelas yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja. Setelah melalui proses seleksi nasional yang cukup ketat, 3 mahasiswa Prodi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Cipasung dari semester 8 berhasil lolos mengikuti program SIB batch 2 tahun 2022 ini.

Dalam hal ini, Ketua STT Cipasung Drs. H. Abdul Chobir, M.T. dan Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ahmad Zamakhsyari Sidiq, M.T. memberikan ucapan selamat dan mendoakan kesuksesan kepada Mina Rahmani Bilqis, Nyimas Wangi, dan Dena Nurkhalija yang telah lolos seleksi tahap wawancara Program SIB Kampus Merdeka ini. Mengingat sangat bergunanya bagi mahasiswa, pimpinan kampus sangat mendukung dan merekomendasikan kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program SIB dan program lainnya yang sejenis.

Rasa gembira muncul pada ketiga mahasiswa tersebut saat dinyatakan lolos seleksi SIB Kampus Merdeka gelombang 2 ini.

“Saya senang sekali saat diumumkan lolos seleksi di PT Mari Belajar di divisi Information Worker Track, tapi juga bingung karena sedang di posisi mahasiswa tahun akhir”, ungkap Nyimas, saat ditanya perasaannya.

“Saya juga senang banget karena dapat diterima lagi di program SIB”, sambung Mina, yang berkesempatan belajar di divisi Product Management Binar Academy.

“Bersyukur banget bisa diterima di salah satu mitra Kampus Merdeka. Alhamdulilah saya diberi kesempatan untuk mengikuti SIB bersama Zenius yang kurang lebih ada 3000 pendaftar dari berbagai perguruan tinggi, yang akhirnya  lolos sebanyak 1686 dari 278 perguruan tinggi dan saya termasuk di dalamnya”, kata Dena saat ditanya melalui media WhatsApp.

Program yang berlangsung selama 4-5 bulan ini banyak memberikan keuntungan bagi peserta. Menurut Mina yang pernah mengikuti SIB tahun 2021 lalu di Power Academy PT Mitra Semeru, melalui kegiatan SIB ini, peserta akan memperoleh sertifikat keahlian yang dapat membantu mempercantik Curriculum Vitae dan dapat mengonversi SKS SIB di kampusnya.

“…Sertifikat nasional dan internasional, bakal dapat uang saku bulanan, menambah skills dan relasi baru”, tambah Nyimas yang sudah 2 pekan mengikuti kelas SIB.

Proses pembelajaran SIB yang dilakukan secara daring, baik melalui Microsoft Teams ataupun Zoom Meeting memberikan kesan tersendiri bagi ketiga mahasiswa STT Cipasung yang sedang mengikuti program SIB. Di awal-awal kelas, Nyimas merasa kesulitan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh tutornya karena modul pembelajarannya berbahasa Inggris. Sekarang, ia telah terbiasa dengan modulnya sehingga dapat mengerjakan tugas dengan lebih baik. Bahkan, ia merasa ada peningkatan dalam pemahaman bahasa Inggrisnya.  

“Seru..materinya bagus, mudah diserap, dan langsung dari praktisinya, tapi belajarnya malam hari jam 7-10 dari Senin-Jum’at kalau saya”, tambah Mina yang setiap 2 pekannya mendapatkan individual topic challenge yang harus dipresentasikannya.

Perlu diketahui, SIB atau bagian dari MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2021.

Pewarta:  Ahmad Said

Leave a Reply

Your email address will not be published.