WhatsApp Image 2019-05-30 at 15.02.59(2)
STT Cipasung Memberikan Santunan Kepada Panti Asuhan Dan Panti Jompo Yang Ada Di Tasikmalaya
May 30, 2019
IMG-20190712-WA0017
STT Cipasung Mengikuti Monitoring Dan Evaluasi (MONEV) Eksternal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2019
July 12, 2019
Show all

Pedoman Penulisan dan Penyusunan laporan kerja praktek

Logo

Logo

Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung

Tasikmalaya

Jl. Cisinga Km. 1, Cilampunghilir, Padakembang

Telp. (0265) 2550424 email : info@sttcipasung.ac.id

http.//www.sttcipasung.ac.id

DAFTAR ISI

                                                                                                      Halaman

DAFTAR ISI. 2

BAGIAN I PENDAHULUAN.. 3

1.1.     Pengertian Kerja Praktek. 3

1.2.     Kedudukan Kerja Praktek dan Bobot SKS. 3

1.3.     Tujuan Pengerjaan Kerja Praktek. 4

1.4.     Materi Kerja Praktek. 4

BAGIAN II PERSYARATAN PENDAFTARAN KERJA PRAKTEK.. 5

2.1.     Persyaratan Umum.. 5

2.2.     Persyaratan Akademik. 5

2.3.     Persyaratan Administratif. 5

2.4.     Persyaratan Pembimbing. 6

2.5.     Waktu Pelaksanaan. 6

2.6.     Waktu Pendaftaran. 6

BAGIAN III KETENTUAN PENYUSUNAN LAPORAN.. 7

3.1.     Pengertian. 7

3.2.     Persyaratan Teknis Penulisan. 7

3.3.     Format Penulisan Laporan. 8

BAGIAN IV KETENTUAN SIDANG KERJA PRAKTEK.. 9

4.1.     Persyaratan Akademik. 9

4.2.     Persyaratan Administratif. 9

4.3.     Waktu Pelaksanaan. 9

BAGIAN V FORMAT PENULISAN LAPORAN.. 10

4.1      Bagian awal 10

4.2      Bagian inti 10

 

 

BAGIAN I PENDAHULUAN

1.1.      Pengertian Kerja Praktek

Kerja Praktek merupakan salah satu kegiatan kurikuler mahasiswa yang dilakukan diluar kampus sebagai latihan praktek mahasiswa di industri dan dilaksanakan secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi. Program Kerja Praktek merupakan bagian integral dari keseluruhan kurikulum yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Pelaksanaan Kerja Praktek diatur oleh STT Cipasung.

Kerja Praktek adalah suatu kegiatan praktek kerja di perusahaan (berbadan hukum) dan mampu memahami kondisi nyata berupa proses produksi/jasa, permasalahan, dan mampu mencari solusi awal. Kerja Praktek adalah kegiatan yang terencana, terarah, sistematis, dan terkendali yang berupa kegiatan mahasiswa secara langsung di perusahaan dan berupaya untuk memperoleh informasi detail tentang kondisi perusahaan, menemukan suatu permasalahan dalam proses produksi/jasa dalam bidang ilmu tertentu, dan data dengan menggunakan metode ilmiah, untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis.

Kegiatan Kerja Praktek berbentuk “Magang”, kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa secara langsung di perusahaan dan berupaya untuk memperoleh informasi detail tentang kondisi perusahaan, dan ikut dalam kegiatan praktek langsung di industri, mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada dan analisis permasalahan. Laporan Magang berupa laporan harian apa yang dilakukan selama praktek di industri, kegiatan dilaksanakan melalui pengamatan dan praktek langsung dilapangan, dengan atau tanpa pengumpulan data primer dan/atau sekunder, berupa: Studi lapangan, serta pengumpulan data primer dan atau data sekunder (berupa identifikasi permasalahan).

Data primer adalah data yang diperoleh peneliti di lapangan, baik melalui wawancara maupun hasil pengukuran langsung lainnya.

Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan memanfaatkan hasil pihak lain, seperti publikasi ilmiah, jurnal, majalah ilmiah dan lain sebagainya.

1.2.      Kedudukan Kerja Praktek dan Bobot SKS

Kerja Praktek mempunyai kedudukan yang sama dengan mata kuliah lain, tetapi berbeda bentuk, proses belajar mengajarnya dan cara penilaiannya.

Mata kuliah Kerja Praktek berada di semester VII dengan kode TIMI-410 dengan prasyarat mata kuliah Metodologi Penelitian (TIMI-316) dalam kurikulum Teknik Industri – STTC, tetapi bisa diambil pada semester ganjil maupun semester genap. Bobot Kerja Praktek ditetapkan sebesar 2 SKS, yang setara dengan kegiatan akademik setiap minggu 8-12 jam selama satu semester, atau setara dengan kegiatan akademik 200-250 jam. Hubungannya dengan sistem Magang, mahasiswa diharapkan minimal 1 bulan kerja berada di perusahaan atau sesuai dengan kebijakan dari perusahaan tempat magang. Mahasiswa harus menulis laporan harian dan diketahui oleh pembimbing lapangan.

Setelah melaksanakan Kerja Praktek, maka akan dilaksanakan Sidang Kerja Praktek untuk mempertanggungjawabkan hasil (laporan) Kerja Praktek. Kerja Praktek ini merupakan salah satu syarat menempuh Tugas Akhir, dengan mempertimbangkan keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam melakukan Kerja Praktek.

1.3.      Tujuan Pengerjaan Kerja Praktek

Setelah menyelesaikan Magang mahasiswa akan mampu :

  1. Melakukan studi lapangan dan terlibat langsung pada kegiatan perusahaan (produksi) yang sesuai dengan jenis perusahaan.
  2. Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam perusahaan dan menganalisis permasalahan tersebut sesuai dengan teori yang mendukung.
  3. Mendeskripsikan hasil magang, meyusun dan menulis suatu laporan, sesuai dengan jenis dan keadaan perusahaan beserta permasalahan yang dihadapi dan analisis permasalahan.
  4. Tujuan di atas mencakup pengembangan kemampuan mahasiswa dalam memahami kondisi nyata perusahaan, mengidentifikasi (memperoleh data dan/atau informasi tentang masalah tersebut) dan menganalisis masalah serta menyajikannya dalam bentuk laporan Kerja Praktek.

1.4.      Materi Kerja Praktek

Permasalahan yang akan diangkat menjadi topik laporan Kerja Praktek dimulai dari bagaimana mahasiswa mengenal lebih dekat dengan keadaan perusahaan dan terlibat langsung pada kegiatannya, menemukan permasalahan (atau dapat soal dari Pembimbing/Pembimbing Lapangan) mencari solusi dari permasalahan diatas dengan bidang ilmu terkait (minat studi). Materi Kerja Praktek didasarkan atas data dan/atau informasi yang berasal dari studi lapangan, dan/atau studi pustaka. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh pengalaman ikut bekerja pada perusahaan, lapangan, dan/atau kepustakaan serta menuangkannya dalam bentuk paparan laporan Kerja Praktek.

 

BAGIAN II PERSYARATAN PENDAFTARAN KERJA PRAKTEK

2.1.      Persyaratan Umum

Untuk dapat mengerjakan Kerja Praktek, mahasiswa mengajukan permohonan magang ke perusahaan, dengan ketentuan:

  1. Berupa perusahaan produksi yang sudah berbadan hukum, yaitu CV dan PT, dibuktikan dengan surat keterangan dari perusahaan.
  2. Mempunyai minimal 20 orang tenaga kerja atau omset 500 juta/tahun atau asset 50 juta.

2.2.      Persyaratan Akademik

Untuk diperbolehkan mengerjakan Kerja Praktek, mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik seperti dibawah ini :

  1. Sekurang-kurangnya telah memiliki tabungan kredit (huruf D ke atas, kecuali bagi yang mempersyaratkan serendah-rendahnya C atau B) sebesar 100 SKS dari beban studi kumulatif yang harus ditempuh (termasuk mata kuliah Komunikasi Profesional).
  2. Telah lulus mata kuliah prasyarat Kerja Praktek yaitu Metodologi Penelitian dan Tata Tulis dan Komunikasi Ilmiah dengan nilai minimum C.
  3. IPK minimal 2,10.
  4. Khusus bagi mahasiswa semester VI minimal 97 sks dapat mengambil Kerja Praktek (untuk mengisi libur antar semester) tanpa menuliskannya pada KRS semester VI, tapi dengan syarat pada semester itu sudah/sedang mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian dan Tata Tulis dan Komunikasi Ilmiah dan ada rekomendasi dari dosen wali bahwa semester VII pada KRS harus menuliskan Kerja Praktek.

2.3.      Persyaratan Administratif

Untuk diperbolehkan melaksanakan Kerja Praktek, mahasiswa harus memenuhi persyaratan administratif seperti dibawah ini :

  1. Telah memenuhi persyaratan akademik tersebut pada butir 2.2
  2. Foto copy kartu mahasiswa yang berlaku pada semester yang bersangkutan
  3. Foto copy KRS semester bersangkutan yang mencantumkan/memprogramkan Kerja Praktek (ditandatangani oleh dosen wali).
  4. Foto copy transkip akademik terakhir (sudah disahkan dosen wali).
  5. Formulir kelengkapan pengajuan Kerja Praktek.
  6. Surat pemberitahuan dari perusahaan tempat Kerja Praktek (bisa menyusul jika belum mendapat perusahaan).
  7. Laporan Kunjungan Pabrik (dijilid mika).

Ketua Jurusan akan menentukan Dosen Pembimbing.

2.4.      Persyaratan Pembimbing

Selama proses pelaksanaan dan penyusunan laporan Kerja Praktek, mahasiswa harus dibimbing oleh 1 orang Dosen Pembimbing dan Pembimbing Lapangan (yang disediakan oleh perusahaan). Dosen Pembimbing adalah semua dosen tetap dan dosen kontrak yang ada di jurusan Teknik Industri dengan mempertimbangkan keinginan mahasiswa dan asas pemerataan.

 

2.5.      Waktu Pelaksanaan

Diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan Kerja Praktek tepat pada waktunya, yaitu maksimal 1 semester sejak pengambilan. Apabila dalam jangka waktu tersebut tidak dapat selesai, maka mahasiswa tersebut harus melakukan pendaftaran ulang atau memulai dari awal.

2.6.      Waktu Pendaftaran

Pendaftaran Kerja Praktek diadakan 2 kali dalam satu semester, yaitu pada awal semester.

 

 

BAGIAN III KETENTUAN PENYUSUNAN LAPORAN

 

3.1.      Pengertian

Laporan Kerja Praktek adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk menempuh Tugas Akhir.

Bimbingan Kerja Praktek adalah kegiatan institusional dosen berupa pemberian pengarahan dan petunjuk kepada seorang mahasiswa yang memenuhi syarat dalam menyusun Laporan Kerja Praktek.

Pembimbing Kerja Praktek adalah Dosen yang oleh Ketua Jurusan Teknik Industri diberi tugas membimbing dan bertanggung jawab penuh atas keseluruhan kegiatan bimbingan yang bersangkutan.

3.2.      Persyaratan Teknis Penulisan

Bagi Mahasiswa yang akan menyusun Laporan Kerja Praktek, diwajibkan mengikuti ketentuan tata cara penulisan pada panduan penulisan kerja praktek. Batas waktu mata kuliah Kerja Praktek adalah 1 (satu) semester. Jika tidak dapat menyelesaikan dalam 1(satu) semester, maka untuk semester berikutnya harus mengambil lagi mata kuliah Kerja Praktek pada KRS baru.

Bagi Mahasiswa tidak diizinkan mengganti Dosen Pembimbing kecuali atas pertimbangan tertentu dan disetujui oleh Ketua Jurusan pada saat pendaftaran ulang. Mahasiswa yang melakukan pelanggaran terhadap etika ilmiah serta melakukan plagiat dan bentuk pelanggaran lainnya dapat dikenakan sanksi pembatalan dan ditunda selama 1 (satu) tahun. Hasil akhir dari penilaian Kerja Praktek terdiri dari:

  1. Ketajaman analisis dan solusi terhadap masalah
  2. Ketepatan dalam pemilihan metode solusi
  3. Kesesuaian penulisan terhadap format dalam keilmuan TI
  4. Pemahaman dan proses pembimbingan
  5. Penilaian dari pembimbing lapangan.

Setiap kriteria dinilai oleh pembimbing dari angka 1 sampai 4, dan nilai akhir dinyatakan dengan A, AB, B, BC dan C dengan menggunakan pedoman sbb:

Tabel 1 Kriteria Penilaian

Nilai Huruf Rentang Nilai angka Bobot nilai
A 80 – 100 4
AB 75 – 79 3,5
B 70 – 74 3
BC 60 – 69 2,5
C 55 – 59 2
D 45 – 54 1
E < 45 0

3.3.      Format Penulisan Laporan

Laporan Kerja Praktek dibuat dengan format sebagai berikut:

  1. Ukuran laporan adalah ukuran A4 80 gram
  2. Font : Times New Roman, Size : 12
  3. Margin : top = 3 cm , bottom= 3 cm, right = 3 cm, left = 4 cm, header dan footer = 0, spasi 1,5.
  4. Jumlah halaman maksimal 60 lembar (termasuk lampiran)

Laporan KP dibuat dalam bentuk hard copy 2 buah dan soft copy (CD) 1 buah dan dikumpulkan maksimum 3 minggu setelah pelaksanaan sidang.

 

BAGIAN IV KETENTUAN SIDANG KERJA PRAKTEK

 

4.1.      Persyaratan Akademik

Mahasiswa yang berhak mengikuti sidang Kerja Praktek adalah mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Sudah menyelesaikan penulisan Kerja Praktek dan sudah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing dan Pembimbing Lapangan.
  2. Sudah lulus mata kuliah prasyarat untuk Kerja Praktek yaitu Metodologi Penelitian dan Tata Tulis dan Komunikasi Ilmiah.

4.2.      Persyaratan Administratif

Untuk diperbolehkan melaksanakan sidang Kerja Praktek, mahasiswa harus memenuhi persyaratan administratif seperti dibawah ini :

  1. Telah memenuhi persyaratan akademik tersebut pada butir 4.1
  2. Foto copy kartu mahasiswa yang berlaku pada semester yang bersangkutan
  3. Foto copy KRS semester bersangkutan yang mencantumkan/memprogramkan mata kuliah Kerja Praktek (ditandatangani oleh dosen wali).
  4. Foto copy transkip akademik terakhir (sudah disahkan dosen wali).
  5. Formulir Kelengkapan Pengajuan Kerja Praktek (lembar untuk mahasiswa).
  6. Formulir kelengkapan Sidang Kerja Praktek.
  7. Surat keterangan dari perusahaan bahwa mahasiswa yang bersangkutan sudah melaksanakan KP, serta contact person di tempat tersebut (akan digunakan untuk pengecekan)

Pelaksanaan Sidang Kerja Praktek dihadiri oleh Pembimbing dan Dosen Penguji serta ketua sidang. Penilaian Sidang Kerja Praktek, kriteria yang dinilai dalam sidang Kerja Praktek adalah sbb:

  1. Kesiapan dan penguasaan materi
  2. Materi presentasi dan ketepatan waktu
  3. Etika dan kesopanan
  4. Pemahaman tentang kondisi perusahaan

 

4.3.      Waktu Pelaksanaan

Pendaftaran dan pelaksanaan Sidang Kerja Praktek diadakan pada libur panjang antara semester genap dan gasal.

 

BAGIAN V FORMAT PENULISAN LAPORAN

Mahasiswa yang mengambil Kerja Praktek diwajibkan membuat Laporan yang nantinya harus disidangkan, yang berisi :

4.1       Bagian awal

Hal-hal yang termasuk bagian awal adalah :

  1. Halaman Sampul
  2. Halaman Judul
  3. Lembar Persetujuan : Lembar persetujuan pembimbing dan Lembar persetujuan dan pengesahan
  4. Abstrak
  5. Kata Pengantar
  6. Daftar Isi
  7. Daftar Tabel
  8. Daftar Gambar
  9. Daftar Lampiran
  10. Daftar Istilah

4.2       Bagian inti

Bagian ini berisi inti dari Kerja Praktek yang meliputi :

BAB I. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN (diharapkan lebih detail)

  1. Sejarah berdirinya perusahaan
  2. Visi dan Misi perusahaan
  3. Struktur Organisasi dan job description
  4. Sistem produksi dan peta proses operasi
  5. Hasil produksi dan pemasarannya
  6. Lokasi dan layout pabrik
  7. Personalia
  8. Komposisi karyawan,
  9. Status karyawan,
  10. Penggajian karyawan,
  11. Kesejahteraan karyawan,
  12. Pembinaan karyawan,
  13. Organisasi karyawan,
  14. Pembagian jam kerja karyawan,
  15. Keselamatan dan Kesehatan Kerja,
  16. Pusat pendidikan dan latihan,
  17. Rekrutmen karyawan

BAB II DESKRIPSI LAPORAN HARIAN

BAB III. IDENTIFIKASI PERMASALAHAN

  1. Permasalahan Umum
  2. Permasalahan Khusus

BAB IV ANALISIS PERMASALAHAN

Bahas tiap permasalahan yang teramati, solusi yang sedang dilakukan, tingkat urgensi dari setiap masalah yang ada.

BAB V KESIMPULAN

Simpulan dari setiap masalah yang ada, mana yang sering memiliki pengaruh terhadap perusahaan dan bagaimana perusahaan menindaklanjutinya.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI CIPASUNG

JURUSAN TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI

Jl. Raya Cisinga KM.1 Cilampunghilir Padakembang Tasikmalaya 46466

Telp./Fax : 0265-2550424 e-mail : info@sttcipasung.ac.id website : www.sttcipasung.ac.id

 

PENILAIAN KERJA PRAKTEK

DI INSTANSI/PERUSAHAAN TEMPAT MAGANG

Nama / NIM :  
Nama Perusahaan :  
Alamat Perusahaan :  
     
     
Pembimbing Lapangan :  
Lama Kerja Praktek :  

No Item Evaluasi Nilai   Keterangan Nilai
1. Etos kerja di lapangan     A 80 – 100
AB 75 – 79
2. Pelaksanaan dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan   B 70 – 74
BC 60 – 69
3. Kemampuan bekerja dalam tim     C 55 – 59
D 45 – 54
4. Kemampuan melakukan inisiatif dalam pekerjaan     E < 45
5. Kemampuan memberikan ide-ide kreatif        
6. Kehadiran di lokasi magang        
Total Nilai        
Nilai Rata-rata (Nilai Total/6)        
Nilai Huruf        

  _____________, _____________2015

Pembimbing Lapangan,

 

 

TTD & Stempel

 

 

 

(      Nama Lengkap    )

download panduan pedoman KP di bawah ini :

PEDOMAN PENULISAN KP

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *