Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung
Tasikmalaya
Jl. Cisinga Km. 1, Cilampunghilir, Padakembang
Telp. (0265) 2550424 email : info@sttcipasung.ac.id
http.//www.sttcipasung.ac.id
Halaman
1.1. Pengertian Kerja Praktek. 3
1.2. Kedudukan Kerja Praktek dan Bobot SKS. 3
1.3. Tujuan Pengerjaan Kerja Praktek. 4
BAGIAN II PERSYARATAN PENDAFTARAN KERJA PRAKTEK.. 5
2.3. Persyaratan Administratif. 5
2.4. Persyaratan Pembimbing. 6
BAGIAN III KETENTUAN PENYUSUNAN LAPORAN.. 7
3.2. Persyaratan Teknis Penulisan. 7
3.3. Format Penulisan Laporan. 8
BAGIAN IV KETENTUAN SIDANG KERJA PRAKTEK.. 9
4.2. Persyaratan Administratif. 9
BAGIAN V FORMAT PENULISAN LAPORAN.. 10
Kerja Praktek merupakan salah satu kegiatan kurikuler mahasiswa yang dilakukan diluar kampus sebagai latihan praktek mahasiswa di industri dan dilaksanakan secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi. Program Kerja Praktek merupakan bagian integral dari keseluruhan kurikulum yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Pelaksanaan Kerja Praktek diatur oleh STT Cipasung.
Kerja Praktek adalah suatu kegiatan praktek kerja di perusahaan (berbadan hukum) dan mampu memahami kondisi nyata berupa proses produksi/jasa, permasalahan, dan mampu mencari solusi awal. Kerja Praktek adalah kegiatan yang terencana, terarah, sistematis, dan terkendali yang berupa kegiatan mahasiswa secara langsung di perusahaan dan berupaya untuk memperoleh informasi detail tentang kondisi perusahaan, menemukan suatu permasalahan dalam proses produksi/jasa dalam bidang ilmu tertentu, dan data dengan menggunakan metode ilmiah, untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis.
Kegiatan Kerja Praktek berbentuk “Magang”, kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa secara langsung di perusahaan dan berupaya untuk memperoleh informasi detail tentang kondisi perusahaan, dan ikut dalam kegiatan praktek langsung di industri, mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada dan analisis permasalahan. Laporan Magang berupa laporan harian apa yang dilakukan selama praktek di industri, kegiatan dilaksanakan melalui pengamatan dan praktek langsung dilapangan, dengan atau tanpa pengumpulan data primer dan/atau sekunder, berupa: Studi lapangan, serta pengumpulan data primer dan atau data sekunder (berupa identifikasi permasalahan).
Data primer adalah data yang diperoleh peneliti di lapangan, baik melalui wawancara maupun hasil pengukuran langsung lainnya.
Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan memanfaatkan hasil pihak lain, seperti publikasi ilmiah, jurnal, majalah ilmiah dan lain sebagainya.
Kerja Praktek mempunyai kedudukan yang sama dengan mata kuliah lain, tetapi berbeda bentuk, proses belajar mengajarnya dan cara penilaiannya.
Mata kuliah Kerja Praktek berada di semester VII dengan kode TIMI-410 dengan prasyarat mata kuliah Metodologi Penelitian (TIMI-316) dalam kurikulum Teknik Industri – STTC, tetapi bisa diambil pada semester ganjil maupun semester genap. Bobot Kerja Praktek ditetapkan sebesar 2 SKS, yang setara dengan kegiatan akademik setiap minggu 8-12 jam selama satu semester, atau setara dengan kegiatan akademik 200-250 jam. Hubungannya dengan sistem Magang, mahasiswa diharapkan minimal 1 bulan kerja berada di perusahaan atau sesuai dengan kebijakan dari perusahaan tempat magang. Mahasiswa harus menulis laporan harian dan diketahui oleh pembimbing lapangan.
Setelah melaksanakan Kerja Praktek, maka akan dilaksanakan Sidang Kerja Praktek untuk mempertanggungjawabkan hasil (laporan) Kerja Praktek. Kerja Praktek ini merupakan salah satu syarat menempuh Tugas Akhir, dengan mempertimbangkan keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam melakukan Kerja Praktek.
Setelah menyelesaikan Magang mahasiswa akan mampu :
Permasalahan yang akan diangkat menjadi topik laporan Kerja Praktek dimulai dari bagaimana mahasiswa mengenal lebih dekat dengan keadaan perusahaan dan terlibat langsung pada kegiatannya, menemukan permasalahan (atau dapat soal dari Pembimbing/Pembimbing Lapangan) mencari solusi dari permasalahan diatas dengan bidang ilmu terkait (minat studi). Materi Kerja Praktek didasarkan atas data dan/atau informasi yang berasal dari studi lapangan, dan/atau studi pustaka. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh pengalaman ikut bekerja pada perusahaan, lapangan, dan/atau kepustakaan serta menuangkannya dalam bentuk paparan laporan Kerja Praktek.
Untuk dapat mengerjakan Kerja Praktek, mahasiswa mengajukan permohonan magang ke perusahaan, dengan ketentuan:
Untuk diperbolehkan mengerjakan Kerja Praktek, mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik seperti dibawah ini :
Untuk diperbolehkan melaksanakan Kerja Praktek, mahasiswa harus memenuhi persyaratan administratif seperti dibawah ini :
Ketua Jurusan akan menentukan Dosen Pembimbing.
Selama proses pelaksanaan dan penyusunan laporan Kerja Praktek, mahasiswa harus dibimbing oleh 1 orang Dosen Pembimbing dan Pembimbing Lapangan (yang disediakan oleh perusahaan). Dosen Pembimbing adalah semua dosen tetap dan dosen kontrak yang ada di jurusan Teknik Industri dengan mempertimbangkan keinginan mahasiswa dan asas pemerataan.
Diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan Kerja Praktek tepat pada waktunya, yaitu maksimal 1 semester sejak pengambilan. Apabila dalam jangka waktu tersebut tidak dapat selesai, maka mahasiswa tersebut harus melakukan pendaftaran ulang atau memulai dari awal.
Pendaftaran Kerja Praktek diadakan 2 kali dalam satu semester, yaitu pada awal semester.
Laporan Kerja Praktek adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk menempuh Tugas Akhir.
Bimbingan Kerja Praktek adalah kegiatan institusional dosen berupa pemberian pengarahan dan petunjuk kepada seorang mahasiswa yang memenuhi syarat dalam menyusun Laporan Kerja Praktek.
Pembimbing Kerja Praktek adalah Dosen yang oleh Ketua Jurusan Teknik Industri diberi tugas membimbing dan bertanggung jawab penuh atas keseluruhan kegiatan bimbingan yang bersangkutan.
Bagi Mahasiswa yang akan menyusun Laporan Kerja Praktek, diwajibkan mengikuti ketentuan tata cara penulisan pada panduan penulisan kerja praktek. Batas waktu mata kuliah Kerja Praktek adalah 1 (satu) semester. Jika tidak dapat menyelesaikan dalam 1(satu) semester, maka untuk semester berikutnya harus mengambil lagi mata kuliah Kerja Praktek pada KRS baru.
Bagi Mahasiswa tidak diizinkan mengganti Dosen Pembimbing kecuali atas pertimbangan tertentu dan disetujui oleh Ketua Jurusan pada saat pendaftaran ulang. Mahasiswa yang melakukan pelanggaran terhadap etika ilmiah serta melakukan plagiat dan bentuk pelanggaran lainnya dapat dikenakan sanksi pembatalan dan ditunda selama 1 (satu) tahun. Hasil akhir dari penilaian Kerja Praktek terdiri dari:
Setiap kriteria dinilai oleh pembimbing dari angka 1 sampai 4, dan nilai akhir dinyatakan dengan A, AB, B, BC dan C dengan menggunakan pedoman sbb:
Tabel 1 Kriteria Penilaian
Nilai Huruf | Rentang Nilai angka | Bobot nilai |
A | 80 – 100 | 4 |
AB | 75 – 79 | 3,5 |
B | 70 – 74 | 3 |
BC | 60 – 69 | 2,5 |
C | 55 – 59 | 2 |
D | 45 – 54 | 1 |
E | < 45 | 0 |
Laporan Kerja Praktek dibuat dengan format sebagai berikut:
Laporan KP dibuat dalam bentuk hard copy 2 buah dan soft copy (CD) 1 buah dan dikumpulkan maksimum 3 minggu setelah pelaksanaan sidang.
Mahasiswa yang berhak mengikuti sidang Kerja Praktek adalah mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
Untuk diperbolehkan melaksanakan sidang Kerja Praktek, mahasiswa harus memenuhi persyaratan administratif seperti dibawah ini :
Pelaksanaan Sidang Kerja Praktek dihadiri oleh Pembimbing dan Dosen Penguji serta ketua sidang. Penilaian Sidang Kerja Praktek, kriteria yang dinilai dalam sidang Kerja Praktek adalah sbb:
Pendaftaran dan pelaksanaan Sidang Kerja Praktek diadakan pada libur panjang antara semester genap dan gasal.
Mahasiswa yang mengambil Kerja Praktek diwajibkan membuat Laporan yang nantinya harus disidangkan, yang berisi :
Hal-hal yang termasuk bagian awal adalah :
Bagian ini berisi inti dari Kerja Praktek yang meliputi :
BAB I. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN (diharapkan lebih detail)
BAB II DESKRIPSI LAPORAN HARIAN
BAB III. IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
BAB IV ANALISIS PERMASALAHAN
Bahas tiap permasalahan yang teramati, solusi yang sedang dilakukan, tingkat urgensi dari setiap masalah yang ada.
BAB V KESIMPULAN
Simpulan dari setiap masalah yang ada, mana yang sering memiliki pengaruh terhadap perusahaan dan bagaimana perusahaan menindaklanjutinya.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI CIPASUNG
JURUSAN TEKNIK DAN MANAJEMEN INDUSTRI Jl. Raya Cisinga KM.1 Cilampunghilir Padakembang Tasikmalaya 46466 Telp./Fax : 0265-2550424 e-mail : info@sttcipasung.ac.id website : www.sttcipasung.ac.id |
PENILAIAN KERJA PRAKTEK
DI INSTANSI/PERUSAHAAN TEMPAT MAGANG
Nama / NIM | : | |
Nama Perusahaan | : | |
Alamat Perusahaan | : | |
Pembimbing Lapangan | : | |
Lama Kerja Praktek | : |
No | Item Evaluasi | Nilai | Keterangan Nilai | ||
1. | Etos kerja di lapangan | A | 80 – 100 | ||
AB | 75 – 79 | ||||
2. | Pelaksanaan dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan | B | 70 – 74 | ||
BC | 60 – 69 | ||||
3. | Kemampuan bekerja dalam tim | C | 55 – 59 | ||
D | 45 – 54 | ||||
4. | Kemampuan melakukan inisiatif dalam pekerjaan | E | < 45 | ||
5. | Kemampuan memberikan ide-ide kreatif | ||||
6. | Kehadiran di lokasi magang | ||||
Total Nilai | |||||
Nilai Rata-rata (Nilai Total/6) | |||||
Nilai Huruf |
_____________, _____________2015
Pembimbing Lapangan, TTD & Stempel ( Nama Lengkap ) |
download panduan pedoman KP di bawah ini :