Pematangan Ide Micro Project Kubika Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung

WhatsApp Image 2019-10-07 at 19.25.22
Kubika (Inkubator Bisnis Kampus) STT Cipasung 2019
October 7, 2019
WhatsApp Image 2019-10-12 at 11.20.51
Kegiatan Donor Darah STT Cipasung Bulan Oktober 2019
October 12, 2019
Show all

Pematangan Ide Micro Project Kubika Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung

WhatsApp Image 2019-10-07 at 19.25.23

WhatsApp Image 2019-10-07 at 19.25.23

Kubika (Inkubator Bisnis Kampus) STT Cipasung

Kubika (Inkubator Bisnis Kampus) STT Cipasung, pertama kalinya melakukan pertemuan pematangan ide untuk micro project. Sebelum membahas tentang micro project lebih lanjut yang akan  dilaksanakan oleh beberapa anggota dan sudah tergabumg di kubika, kita akan membahas terlebih dahulu bagaimana terciptannya ide untuk membuat micro project. Awal mula terbentuknya ide atau gagasan untuk membuat micro project adalah pada saat adanya perkumpulan lima orang mahasiswa dan satu pembimbing kubika yaitu H. Mohammad Sabar Jamil, M.T. . dalam pertemuan tersebut, berdiskusi tentang apa yang akan kita laksanakan di awal terbentuknya kubika STT Cipasung.

Dari sana munculah beberapa ide kreatif dari mahasiswa untuk membuat sebuah alat yang bisa digunakan dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Dari hasil diskusi yang panjang dan memerlukan banyak waktu itu memberi sebuah kesimpulan tentang apa saja yang akan kita buat dalam micro project ini.

Micro project adalah salah satu gagasan untuk menciptakan ide lalu ide tersebut di realisasikan. Micro project ini berfokus pada ide yang telah kita buat dan mengimplementasikannya sehingga menjadi sebuah alat yang bermanfaat. Ketika ide kita bagus,mempunyai nilai lebih dan memiliki peluang market yang baik dipasaran, micro project kita akan didanai oleh salah satu perusahaan yang tentunya sudah bekerja sama dengan kubika pada saat pertama kali louncing hari senin yang lalu.

WhatsApp Image 2019-10-11 at 17.05.42

H. Mohammad Sabar Jamil, M.T. mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa yang mengikuti kubika, siapa saja yang ingin jadi pengusaha?

Ada 5 ide  yang akan direalisasikan dan dituangkan oleh mahasiswa STT Cipasung tentunya dengan bimbingan dan arahan pembimbing kubika. Dari lima ide yang telah di sampaikan, dibuatlah lima kelompok untuk menciptakan kelima ide tersebut.dari lima kelompok tersebut setiap kelompoknya memiliki anggota 5 sampai 6 orang. Untuk mengetahui lebih lanjutnya tentang ide ide yang telah dituangkan oleh mahasiswa STT Cipasung berikut adalah lima ide untuk micro project kubika STT Cipasung :

  1. Mesin pengaduk bubur

Mesin pengaduk bubur ini adalah salah satu ide yang muncul dari anggota kubika STT Cipasung yang sekarang menjabat di kubika sebagai ketua kubika yaitu cecep nurul fahmi. Ide dasar atau gagasan untuk membuat mesin pengaduk bubur ini tercipta karena banyaknya para penjual bubur yang pada saat akan membuat bubur di tahap awal harus terus mengaduk dengan menggunakan alat pengaduk bubur dan membuat tukang pengaduk bubur kecapean dan kelelahan, sehingga dari sana muncul kesadaran kenapa tidak membuat mesin pengaduk bubur yang otomatis agar tidak teralu repot repot untuk mengaduk pada saat tahap awal pembuatan bubur. Dengan adanya mesin pengaduk bubur ini tetntunya banyak waktu luang untuk mengerjakan hal yang lainnya sehingga lebih efisien.

  1. Mesin spinner

Mesin spinner muncul dari ide ghozali mahasiswa tingkat satu yang juga bergabung di kubika. Ide ini muncul ketika banyaknya UMKM yang bergelut dengan bidang makanan. Pastinya yang berhubungan dengan makanan tidak akan jauh dengan penggorengan. Pada saat proses pelaksanaan penggorengan telah selesai biasannya suka banyak sisa sisa minyak yang melekat pada makanan. Ghozali memiliki ide atau pemikiran bagaimana caranya membuat alat spinner untuk mengiriskan minyak yang masih menempel pada makanan yang sudah digoreng.

  1. Alat penjernih air

Ide yang ketiga yaitu adalah alat penjernih air. Alat penjernih air ini adalah ide dari sodara ridho yang kebetulan saat ini tingkat dua di STT Cipasung. Awal mula ide ini sangat sederhana, dengan melihat lingkungan sekitar yang ada di STT Cipasung tepatnya di mesjid. Ridho menganalisa permasalah yang terjadi di bagian wc mesjid STT Cipasung. Dimana dibagian wc masjid airnya selalu keruh berwana. Ide membuat alat penjernih air pun muncul ketika melihat permasalah yang terjadi di sekitar STT Cipasung.

  1. Mesin pembentuk lengkungan besi

Ide selanjutnya adalah mesin pembentuk lengkungan besi yang muncul dari mahsiswa tingkat tiga yaitu sodara handra banu reksa. Dengan latar belakang yang sudah memahami tentang besi dan juga memiliki project/bengkel dirumahnya dalam pembuatan pagar besi, handra sangat memahami bagaimana susahnya membuat bentuk lengkungan besi bengkel. Dalam proses pelengkungan besi masih menggunakan cara yang masih tradisional, sehingga membutuhkan waktu dan juga tenaga untuk membuat sebuah bentuk lengkungan besi. Dari masalah tersebut munculah ide untuk membuat mesin pembentuk lengkungan besi, agar setiap pembuatan project di bengkel bisa berjalan dengan optimal dan efisien.

  1. Paping blok dari sampah

Sampah selalu menjadi masalah utama di negeri ini, bahkan menurut survei 2019 indonesia menduduki peringakt ke dua dunia yang memiliki sampah paling banyak. Dengan adanya masalah ini, candra eka setiawan selaku ketua BEM STT Cipasung yang tergabung juga dalam kubika memiliki ide untuk membuat paping blok dari sampah. Jika ini terealisasikan, akan menjadi sejarah baru yang diciptakan mahasiswa di indonesia. Bayangkan saja jika kita dapat membuat produk paping blok dari sampah, bukan hanya kita mendapatkan profit keuntungan, tapi juga mengurangi sampah yang ada disekitar kita khususnya di indonesia.

Pada hari kamis, 10 oktober 2019, anggota kubika melakukan pertemuan yang bertempat di aula STT Cipasung. Dalam pertemuan kali ini membahas tentang pematangan ide yang akan kita realisasikan dari lima pokok gagasan yang telah dibuat. Pada saat itu kita diajarkan bagaimana caranya merealisasikan sebuah ide yang telah kita ciptakan. banyak masyarakat di indonesia yang memiliki ide, namun sulit untuk merealisasikan dan mengimplementasikannya. Dari sini mahasiswa dituntut untuk membuat ide dan dapat merealisasikannya, apalagi mahasiswa STT Cipasung sudah tergabung di Kubika atau Inkubator Bisnis Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung. Tiap kelompok diwajibkan untuk menganalisa permasalahan, berdiksusi, dan membuat proposal pengajuan untuk micro project yang akan kita buat. Tanggal 17 oktober 2019 mendatang akan dilaksanakan kembali pertemuan kubika untuk membahas lebih lanjut untuk program micro project ini. Dan tentunya akan lebih seru lagi dan bersemangat untuk merealisasikan ide yang telah kita sampaikan dalam micro project Kubika STT Cipasung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *